Teknik Blog SEO

17 Jul 2013

Search Engine Optimation Website mungkin sering kita dengar, tetapi bagaimana jika yang di optimasi adalah Blog ? SEO Blog merupakan sebuah teknik optimasi blog yang menitik beratkan SEO pada kemahiran seseorang dalam memposting sebuah artikel.

Teknik SEO Blog sendiri terdiri dari pemakaian JS & CSS dalam sebuah blog, kecepatan loading halaman sebuah blog, struktur tulisan / artikel yang jelas, tema yang bersih, enak dilihat, juga easy to crawl (untuk spider google) dan mempunyai link-link yang berkaitan.

Lantas apa untungnya kita melakukan SEO Blog, keuntungan utama jelas ini sangat didambakan oleh para Blogger itu dikarenakan teknik ini berhubung langsung dengan kepentingan robot mesin pencari, yang dimana robot tersebut mencari artikel-artikel yang sesuai dengan kriterianya.

SEO Blog juga memberikan dampak khusus bagi yang membaca Blog, karena pengunjung Blog secara alami akan lebih senang membaca artikel yang lebih mudah dibaca, dan disinilah keutamaan dari teknik SEO Blog yaitu memudahkan user dan robot google membaca.

SEO Blog juga didukung dari pemilihan hosting yang tepat dan penggunaan Jscript atau CSS yang optimal, yang dimana hal tersebut akan membuat Blog tersebut menjadi lebih stabil dan jika stabil, Blog tersebut akan mempunyai nilai +1, baik itu dimata robot pencari dan user dari Blog tersebut.

Penerapan SEO Blog pun akan berdampak pada sang Blogger, karena secara tidak langsung Blogger akan melatih diri membuat dan menampilkan tulisan yang baik, dan hebatnya karya mereka tersebut dinilai oleh manusia dan robot yang tak berhati tersebut.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa teknik Blog SEO bisa menjaga kestabilan posisi artikel dimata mesin pencari (double hits!).

Teknik SEO Blog

Langkah pertama disarankan untuk memilih PlatForm WordPress, dimana WordPress menyediakan Theme yang sudah mendukung SEO Blog sehingga bisa cepat terindeks oleh Mesin pencari Google misalnya,

Simple Fast Wordpress Themes,
Theme yang SEO friendly dan memiliki desain minimalis serta compatible di semua platform dimulai dari Handphone, Blackberry, Tab, Ipad yang sangat sesuai untuk di gunakan pada era baru ini yakni tahun 2013.

NewsWP Wordpress Theme
Theme wordpress yang di desain khusus bagi mereka yang ingin membuat blog bertemakan berita disertai dengan space iklan PPC (Google Adsense) yang strategis.

Pertanyaan kenapa Theme Theme tersebut bisa menjadi SEO Friendly. Akhirnya setelah saya membaca beberapa Topik tentang Blog SEO, ada pola pola yang sama tentang format Blog yang SEO Friendly tersebut.

Seperti Gambar Anatomi Blog yang telah di optimasi untuk Mesin Pencari

Adapun Keterangan Point Point adalah

01 Nilai Tampilan Desain Blog

Desain Blog yang Profesional bisa mengurangi tingkat bouncing (Pengunjung melihat sebentar Halaman Blog tetapi langsung pergi), meningkatkan Page View (Page Views maksudnya banyaknya halaman yang dibuka. Artinya kalau orang yang mengunjungi blog Kamu membaca 10 artikel di blogmu, maka dihitung 10 Page Views) & mendapatkan lebih banyak Back Link (Back Link adalah sebuah link aktif yang ada di blog lain dan mengarah ke blog kita)

02 Search Box
Memudahkan pengunjung mencari topik artikel tertentu di Blog anda

03 RSS Yang sudah aktif!
RSS adalah salah satu bentuk dari Web Syndication Web Syndication adalah sedikit potongan kecil dari content/isi website kita yang kita share dengan website lain atau Search Engine. Fungsi dari Web Syndication adalah memberikan Feed/makanan kepada Search Engine dimana Feed tersebut berisi update terbaru dari content website kita.

04 BreadCumbs
Breadcrumb merupakan sebuah navigasi untuk melacak setiap halaman dan postingan sehingga memudahkan pembaca untuk menjelajahi isi blog berdasarkan kategori yang ada, serta visitor tidak akan bingung ketika ingin mencari data yang terdapat pada blog karena ia bisa memilih topik dengan mudah juga bisa kembali ke halaman utama.

05 Navigation
Gunakan HTML dan CSS untuk membuat navigasi yang masuk akal. Hindari link yang mengandalkan java Script atau Flash.

06 Images
Menjaga ukuran file gambar secara optimal untuk mengurangi load halaman. Gunakan atribut alt teks dan menentukan lebar & tinggi file gambar yang bisa ditampilkan di Blog.

07 Jaga agar tetap di atas
Tempatkan konten penting di mana pengunjung dapat melihatnya tanpa scolling.

08 Link ke posting yang menurut anda bagus.
Buat kategori unik atau halaman hub untuk fitur posting terbaik Anda.

09 Jangan terlalu banyak Link
Kurangi link link yang tidak berhubungan dengan topik Blog dapat menghambat kerja Crawl Mesin Pencari ketika mengindeks Halaman Blog.

10 Perhatikan Ruang Iklan Anda
Jangan biarkan iklan melebihi dari konten unik Blog Anda. Terlalu banyak iklan dapat mengurangi peringkat Blog di Mesin Pencari.

11 Komentar-komentar yang membantu
Komentar-komentar bisa membentuk komunitas, link yang menarik dan memberikan informasi ceruk pasar yang lebih spesifik dari pengunjung.

12 Sharing ke semua orang
Buat konten anda lebih mudah di sharing lewat jejaring sosial dan email.

13 Test Kecepatan
Mengurangi Waktu load Halaman dengan mengoptimalkan gambar, mengkombinasikan CSS ke file eksternal dan memungkinkan caching.

14 Crawl & Validate
Test blog anda menggunakan SEO tools untuk crawl dan validasi Blog

15 Tentukan Platform Blog yang paling digunakan Blogger

Walaupun Teknik SEO Blog di atas sudah dilakukan ada beberapa Hal yang ternyata bisa menghambat SEO Blog, yaitu

  • Semua Halaman dimana gambarnya tanpa alt teks di isi
    Link yang mengandalkan Javascript atau Ajax
  • Menggunakan Flash yang Berat Loadingnya
  • Memakai Frames
  • Konten pengiriman form Tersembunyi
  • Teks Tersembunyi

Sumber
www.addthis.com/services
www.seomoz.org
www.opensiteexplorer.org
www.trends.builtwith.com/feeds/RSS


TAGS blogger seo indonesia ebook seo indonesia


-

Author

Follow Me